PERPUSTAKAAN ONLINE

PERPUSTAKAAN ONLINE
Penyediaan literatur gratis yang bebas diakses secara online kembali disemarakkan dengan dirilisnya situs Universitas Library hasil dari The Million Book Project.
Inisiatif yang dipelopori Universitas Carnegie Mellon di AS, Universitas Zhejiang China, Institut Sains India, dan Perpustakaan Alexandria Mesir telah selesai menyalin lebih dari 1,5 juta judul buku dalam format digital dan dipublikasikan online di http://www.ulib.org.
“Setiap orang yang terhubung ke Internet kini dapat mengakses koleksi buku yang sebanding dengan perpustakaan universitas besar,” ujar Raj Reddy, profesor ilmu komputer dan robotika di Universitas Carnegie Mellon yang memelopori proyek ini.
Meski tujuan proyek ini adalah menyediakan akses tak terbatas melalui Internet, sekitar setengahnya masih dilindungi hak cipta. Baru sekitar sepuluh persen buku-buku dengan hak cipta yang telah memperoleh izin untuk dapat dikases cuma-cuma.
Namun, setidaknya minimal setengah dari koleksi buku atau lebih dari 750.000 judul yang disediakan bebas hak cipta sehingga dapat diakses penuh. Sebagian koleksi merupakan buku-buku langka bahkan tak terlacak pengarangnya. .
Sebagian besar proses pemindaian, penyusunan, dan pengategorian telah dilakukan di beberapa lokasi di China dan India. Dana yang telah dihabiskan mencapai 10 juta dollar AS. Proyek yang dimulai tahun 2002 masih akan terus diperluas dan saat ini rata-rata 7.000 buku dipindai setiap hari dengan melibatkan lebih dari 1.000 tenaga kerja di seluruh dunia.
Literatur gratis dengan media Intrenet telah dipelopori Proyek Gutenberg. Yahoo dan Google juga sedang membangun layanan serupa bekerja sama dengan penerbit dan universitas-universitas besar.Sumber: Physorg – kompas.com
Penulis: Wah

Tinggalkan komentar

Filed under informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s