Nilai dengan Tinta Merah, Picu Gangguan Psikologis

42-15725585Anda mungkin masih ingat rasanya mendapat nilai jelek yang menggunakan warna merah. Rasa malu seringkali mengikuti, ditambah lagi ejekan yang sering dilontarkan oleh siswa lain mengenai nilai merah tersebut.

Kini para pendidik asal Australia didesak untuk mengoreksi pekerjaan rumah dengan warna yang tidak agresif. Misalnya warna hijau atau biru, untuk meningkatkan kesehatan mental didalam kelas.Karena penggunaan warna merah dalam menilai oleh guru, dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi psikologis siswa. Disarankan untuk menggunakan warna biru atau hijau.

Hal itu tercantum dalam perlengkapan Good Mental Health Rocks yang dibagikan pada 30 sekolah di negara bagan Quennsland. Guru juga diminta untuk memohon maaf kepada siswa ketika dibutuhkan dan bertanya empat mata dalam menilai kemampuan pribadi serta tetap fokus pada kelebihan dibandingkan kekurangan siswa. Pada tema pemberian nilai dalam panduan tersebut, disarankan jangan memberi nilai dengan pulpen merah yang tampak agresif. Gunakan warna lain.

Menteri Kesehatan Queensland, Stephen Robertson mengatakan panduan itu sangat disarankan oleh departemen yang dipimpinnya berkaitan dengan angka bunuh diri anak-anak muda yang sangat serius.

“Jika kesehatan mental sangat menentukan hal itu, maka sebaiknya para guru mengikuti panduan tersebut. Saya akan mendukung mereka setiap hari. Tak peduli betapa konyolnya panduan itu, sebenarnya sangat serius,” terangnya.

Menurut kelompok kesehatan mental warga Australia, angka terbanyak warna yang mengalami gangguan mental berusia antara 18-24 tahun. Sekitar 14% anak-anak dan remaja Australia mengalami semacam sakit mental. Anak laki-laki cenderung lebih banyak mengalami gangguan kesehatan mental dibandingkan wanita. Depresi merupakan salah satu kondisi umum yang ditemukan diantara anak muda dan meningkat pada masa dewasa. Demikian diungkapkan kelompok kesehatan mental Mindframe.

Sumber : republikaonline

Tinggalkan komentar

Filed under informasi, pendidikan, psikologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s