Anak Berisiko Tinggi Alami Kecelakaan Lalu Lintas

Lebih dari 2.000 anak meninggal dunia setiap hari karena berbagai kecelakaan, terbanyak di antara mereka tewas karena kecelakaan lalulintas, menurut laporan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang disiarkan Rabu (10/12).

Setiap tahun, 830.000 anak hingga remaja usia 19 tahun tewas akibat berbagai kecelakaan. Dengan jumlah korban kecelakaan lalulintas yang terbanyak yakni 260.000 per hari, sedangkan 175.000 lainnya tewas karena jatuh.Meninggal karena terbakar mencapai 96.000 anak, atau turun 46.000 sedangkan tewas karena keracunan mencapai 45.000 anak, menurut laporan global pertama yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan badan anak-anak PBB UNICEF.

Mulai dari usia delapan tahun, kecelakaan-kecelakaan pada umumnya menjadi penyebab terbesar kematian di antara anak-anak, di depan penyekit-penyakit infeksi, kekurangan gizi dan perang, kata laporan itu.

“Faktor sosial juga menunjukkan akan menjadi faktor penting penyebab kematian anak,” kata Margie Peden dari WHO. “Di negara-negara kaya atau di negara berkembang, anak dalam situasi tak menguntungkan yang beresiko tinggi menjadi korban kecelakaan,” katanya menjelaskan.

Dalam kenyataannya, 95% dari para korban banyak di antaranya berasal dari negara-negara miskin atau sedang berkembang. Dari 19,9 dari setiap seribu kematian, Afrika mempunyai korban kecelakaan lalulintas terbanyak. Tetapi, rekor Pasifik Barat dan Asia Tenggara paling banyak mengalami penurunan kasus, menjadi 27,4 per 1.000 dan 12,3 per 1.000 anak. Kematian akibat kebakaran juga terjadi paling banyak di Asia Tenggara dan di Timur Tengah.

“Sejauh ini, kematian bayi akibat kecelakaan dianggap sebagai suatu yang fatal, harga yang murah untuk membayar pembangunan,” kata Etinne Krug dari WHO.

“Masalah kesehatan masyarakat relatif baru sebagai tema penyakit-penyakit infeksi dan kekurangan gizi telah mendominasi sejak lama,” katanya. Di samping kematian, kecelakaan juga menyebabkan jutaan anak mengalami cedera.

“Cedera pada anak menjadi masalah kesehatan umum yang penting dan menjadi masalah yang makin berkembang. Bila dijumlahkan, sampai 830.000 kematian anak terjadi setiap tahunnya akibat kecelakaan, jutaan anak menderita kecelakaan dengan luka yang tidak terlalu fatal, yang acapkali memerlukan perawatan rumahsakit dalam jangka lama serta rehabilitasi,” kata Dirjen WHO, Margaret Chan.

Sumber :Republika online

1 Komentar

Filed under informasi, pendidikan

One response to “Anak Berisiko Tinggi Alami Kecelakaan Lalu Lintas

  1. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://keluarga.infogue.com/anak_berisiko_tinggi_alami_kecelakaan_lalu_lintas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s