IQ Tinggi belum Tentu Sukses Bermasyarakat

Anak yang memiliki IQ tinggi belum tentu sukses dalam bekerja atau bermasyarakat karena potensi manusia sangat beragam dalam berbagai bidang dan berbagai taraf inteligensia. Guru Besar Pasca-Sarjana Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof Dr Conny R. Semiawan mengungkapkan hal itu dalam pidato ilmiah pada acara wisuda sarjana S-1 Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA)-IEC 2008 di Panti Prajurit, Balai Sudirman, Jakarta, Rabu.

“Taraf inteligensia anak terbentuk dalam berbagai kondisi sosial, ekonomi, budaya serta alam biologis yang berbeda dan harus dipenuhi kebutuhannya agar pembinaan yang terjadi sesuai taraf perkembangannya,” kata Conny dalam pidato berjudul “Mengembangkan Potensi diri: Menemukan ‘Genius’ Dalam Diri Anak” yang dibacakan putrinya Kutilang Semiawan.

Meski demikian, kata Conny, sifat dan pembawaan anak menyerap emosi dan seluruh citra kemanusiaan dari diri orang tuanya, terutama dari ibunya. “Martabat manusia menuntut kemerdekaan dan kesamaan, dua ciri yang terkait satu dengan lainnya dan bermuara pada suasana demokratis di rumah dan di masyarakat pada umumnya,” kata Conny yang juga pakar pendidikan.

Di hadapan 175 wisudawan yang mengikuti acara itu, ia menjelaskan bahwa pendidikan yang bermula dari rumah merupakan pengertian tentang arti tujuan hidup serta penemuan suatu cara hidup yang benar dan secara asasi sama bagi seluruh umat manusia, terutama bagi masyarakat Indonesia yang menghadapi era reformasi.

“Temuan cara hidup ini terkait dengan mendidik yang mengacu pada peluang untuk menemukan potensi kreatifnya,” tutur Kutilang, sarjana psikologi yang menyebutkan orangtuanya sedang sakit sehingga ia mewakilinya.

Sumber : Republika online

Tinggalkan komentar

Filed under informasi, pendidikan, psikologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s