Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Siapa tak kenal kurma ? Buah manis yang berasal dari tanah Arab ini merupakan buah musiman di Indonesia. Kenapa musiman ? Karena hanya muncul pada saat menjelang bulan ramadhan saja. Selebihnya kurma entah bersembunyi dimana. Padahal buah ini sangat besar manfaatnya. Rasulullah sendiri pernah berkata bahwa siapa yang memakan 7 butir kurma Ajwa (kurma Madinah) setiap hari, maka akan terhindar dari segala macam sihir atau racun, hebat bukan ? Selain itu, kurma juga bermanfaat bagi bayi yang baru lahir, maupun wanita hamil. Belakangan juga banyak kesaksian dari peminum jus kurma, tentang aneka khasiat yang mereka dapatkan setelah rutin mengkonsumsi jus tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian para dokter yang dituangkan dalam pernyataan resmi Departemen Kesehatan Kuwait (Manafi’ut Tamr) kurma memiliki banyak manfaat bagi manusia, diantaranya adalah :

  • Kurma memiliki kandungan zat gula yang sangat besar,dan ini sangat dibutuhkan tubuh
  • Kurma mudah dicerna, sehingga tidak memberatkan alat pencernaan
  • Kurma mengurangi rasa lapar dengan cepat, sehingga mengurangi dorongan untuk makan dalam porsi yang banyak. Ini hikmah dari berbuka puasa makan kurma dan minum air putih sebagaimana sunah Rasulullah.
  • Menyiapkan lambung unruk menerima makanan , setelah seharian lambung beristirahat.
  • Mencegah penyakit maag yang timbul karena pergantian jadwal makan.
  • Alkalinitas yang dikandung kurma menetralisir asam kuat pada darah yang sering menyebabkan diabetes, rematik, ginjal, darah tinggi dan wasir.

Inilah resep sederhana dan menyehatkan, apabila berbuka puasa tidak perlu makanan berlimpah yang pada akhirnya mubazir karena tidak termakan, cukup kurma dan air putih, selain kenyang, menyehatkan juga beribadah dengan mempraktekkan salah satu sunah Rasulullah. ( Sumber : Majalah Hidayah dan Kurma.com )

Tinggalkan komentar

Filed under cerita, informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s